Website

Pada masa sekarang ini website bukan lagi merupakan hal aneh dalam dunia maya. Untuk mendapatkan informasi yang diinginkan kita dapat mengakses dalam website. Sekarang ini saya akan membahas langkah-langkah secara umum membuat website :

1. Domain
Domain merupakan alamat sebuah website. Ketika kita akan koneksi internet kita haruslah mengetikan sebuah domain untuk dapat membukanya. Dalam website domain sangat berperan penting guna membedakan website yang kita buat dengan website orang lain.

Dalam domain terdiri dari nama domain dan extension. Sebagai contoh google.com, google merupakan domain sedangkan .com merupakan extension.

Terdapat bermacam extension yang bisa kita pilih untuk website yang kita buat. Misalkan TLD (Top Level Domain) misalnya .com, .net, .org atau cTLD (country Top Level Domain) misalnya .co, .id, .co.id (id mewakili domain negara Indonesia)

Adapun tips cara memilih nama domain sebagai berikut :

A. Pilih nama domain yang simpel
B. Pilih nama domain yang sesuai dengan tujuan anda buat
C. Usahakan pilih nama domain .com
D. Dalam website bisa disertakan keyword, untuk membantu proses SEO (search engine optimized)

2. Hosting
Hosting adalah tempat anda meletakkan file-file website yang anada buat di sebuah server yang terhubung dalam jaringan internet. Jika kita menggunakan hosting kita harus membelinya terlebih dahulu.

Harga paket hosting bermacam-macam,tergantung fasilitas yang diberikan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan :

A. Sistem Server yang digunakan. Hal ini menentukan software dan bahasa program website yang bisa digunakan. Sebagian besar menggunakan Linux.

B. Besaran Disk Space yang diberikan. Disk Space merupakan media untuk menyimpan file-file kita. Pilihlah paket yang memberikan disk space yang besar.

C. Besaran Bandwidth yang diberikan. Bandwidth merupakan kapasitas akses perbulan yang diberikan untuk mengakses website anda. Kapasitas bandwidth ini akan direset setiap awal bulan.

D. Domains Allowed. Jumlah domain yang bisa digunakan dalam paket hosting. Anda bisa menggunakan 1 buah paket hosting untuk semua domain anda bila paket hosting tersebut memberikan akses itu. Anda perlu mempertimbangkan Disk Space maupun bandwidth yang diberikan.

E. Jumlah Database yang diijinkan.

3. Software Website
Ada beberapa software website open source separti blog wordpress, jomla, phpbb, dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui software yang digunakan, bisa dilakukandengan 2 cara:

A. Cek link pada website yang bersangkutan, biasanya bisa dilihat pada bagian footer-nya. Untuk website yang menggunakan software open source,biasanya bisa melihat link pada footer ke website

B. Melihat melalui source code halaman tersebut melalui browser anda. Biasanya ada pada petunjuk di source code halaman website anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar