Interkasi Manusia dan Komputer (IMK)

Interaksi manusia dan komputer adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).
Adapun pengertian Interaksi Pengertian Interaksi adalah komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer. Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung, jika salah satu tidak bisa, maka interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.
Adapun Sejarah umum IMK:
• Awal munculnya istilah interaksi manusia dan komputer
• Teknologi pertama kali muncul ditahun 1940 dan 1950 single user menjadi CSCW( Computer supported Cooperative work ). Sejumlah tokoh yang mendukung perubahan teknologi tersebut adalah Vannevar Bush, Bush dan J.R Licklider.
• a. Tahun 1950-an
• Pada tahun 50-an komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial, mesin ini sangat sulit dipakai dan tidak praktis. Hal ini disebabkan karena komputer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar, hanya dipakai di kalangan tertentu, misalnya para ilmuwan /ahli-ahli teknik.
• b. Tahun 1970-an
• Komputer pribadi(PC), maka berkembanglah penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru (pendidikan, perdagangan, perusahaan dll) dan muncul isu teknik antarmuka pengguna (userinterface)
• c. Pada tahun 1980an
• Xerox Star ditahun 1981 adalah PC komersial pertama yang didesain untuk profesional bisnis, dan juga sistem komputer pertama yang didasarkan pada kemampuan sistem engineering
• PC lainnya diantaranya ada STAR komersial flop, Apple LISA ditahun 1982, ide pembuatan APPLE lisa ini berdasarkan pada komputer STAR. Ditahun 1984 APPPle mengeluarkan produk machintos yang memiliki interface yang mudah digunakan dan memiliki kualitas tinggi dalam grafis dan printer laser.
• WIMP adalah singkatan dari Windows, Icons, Menu, Pointer, WIMP ini bisa melakukan beberapa pekerjaan secara serempak,WIMP ini juga memiliki interface yang familiar atau terkenal. Contoh komputer yang sudah ada sistem WIMP ini diantaranya Xeroc alto, star.
• Model IMK :
• 1. Pengguna
2. Interaksi
3. Sistem
Tiga komponen ini saling berkaitan. Pengguna adalah bagian dari sistem yang memungkinkan berinteraksi dengan komputer, oleh sebab itu mengapa 3 komponen ini saling berkaitan.
• Interaksi manusia dan komputer pada dasarnya adalah untuk memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensi (eficiency)
• Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancang dapat mempunyai sifat yang akrab dan ramah dengan users. Namun untuk merancang sistem yang mudah digunakan users, para perancang harus memahami aspek-aspek psikologi yang dimiliki oleh users, karena setiap users mempunyai ciri-ciri khusus dan kebiasaan yang berbeda dalam menggunakan sebuah sistem komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar